Minggu, 26 Februari 2012

Sejarah Kopi




Darimana dan siapa penemu minuman dari biji Kopi memang tidak diketahui.  Namun, minum kopi telah dikenal di Timur Tengah sejak lama. Rhazes, seorang dokter berkebangsaan  Arab, (hidup sekitar 900 SM) menyebutkan kopi di salah satu tulisan-tulisannya.
Cerita yang lain penggunaan biji kopi ini berasal dari para penggembala kambing di Arab.
Kaldi 
Legenda menceritakan kisah Kaldi penggembala kambing  yang hidup di Ethiopia sekitar 300 AD. Ia melihat bahwa setelah kambing-kambingnya  memakan buah merah dari suatu pohon, ternyata kedua kambing  itu gelisah dan bergerak terus sampai larut malam. Dia mencoba buah merah sendiri dan ia mengalami efek yang sama. Dia menyebutkan hal ini kepada para biarawan didekat situ, yang sejak saat itu mengambil kopi untuk tetap terjaga selama pertemuan doa malam. Legenda juga mencatat bahwa para biarawan ini menemukan secara tidak sengaja bahwa biji buah ini dapat dipanggang dan minuman yang dipersiapkan dari biji kopi panggang tidak hanya menghasilkan efek yang sama, namun juga terasa jauh lebih baik.
Kopi biji dan minuman yang dibuat oleh mereka sejak saat itu dianggap sebagai stimulan mewah.
Beddin 
Penulis sejarah Arab, Scheha Beddin (abad ke-15) mengubah cerita seputar Chadely, seorang pemeluk agama Islam yang disiksa oleh rasa bersalah,  ia jatuh tertidur selama berdoa setiap malam. Ia berdoa kepada Allah untuk membantunya melawan rasa kantuk dan dalam tidurnya dia bermimpi untuk menemui para gembala kambing seperti cerita diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar